Pertemuan Petugas Ib Se- Sumatra Utara Tahun 2014

January 08, 2019
PERTEMUAN PETUGAS IB SE-SUMATRA UTARA 
TAHUN 2014
BERASTAGI,16-17 JUNI 2014


Narasumber:JACK PUJIARTO


Bertempat di Hotel Sibayak Brastagi Propinsi Sumatra Utara, telah Melaksanakan Rapat Koordinasi Inseminasi Buatan (IB) Tingkat Propinsi yang dihadiri oleh para pejabat peternakan kabupaten/kota dan para petugas Inseminasi Buatan se Sumatra Utara. 

Kepala UPTD Provinsi Sumata Utara , Ir. Harapan Hutauruk,MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa Inseminasi Buatan(IB) merupakan satu teknologi yang masih menjadi salah satu pilihan untuk meningkatkan produksi dan produkstivitas ternak sapi potong, sekaligus juga merupakan satu upaya untuk mendukung kegiatan Swasembada Daging Sapi dan Kerbau Berkelanjutan tahun 2013 - 2014 di Sumatra Utara. 

Manfaat yang dibutuhkan dalam pelaksanaan IB ialah : tersedianya kebutuhan daging sapi dalam daerah, mengatasi kelangkaan sapi pejantan berkualitas di lapangan , perkawinan dalam (inbreeding) sanggup dikendalikan, tersedianya lapangan kerja/ kesempatan berusaha di masyarakat, dan tersedianya kebutuhan ternak sapi bibit dan ternak potong.

Menurut Kepala UPTD Sumut biar Inseminasi Buatan sanggup memperlihatkan hasil sebaik-baiknya maka perlu dilakukan optimalisasi kegiatan IB, melalui satu perencanaan kegiatan yang baik, sehingga menurutnya perlu dibentuk satu strategi, dan indikator- indikator keberhasilannya, bahkan kabupaten harus mengadakan penilaian terhadap kegiatan IB , apa yang menjadi problem dan hambatan sehingga pelaksanaan IB ke depan akan lebih baik dan lebih menggaung di masyarakat. Kepala Dinas Langkatpun sangat mengharapkan biar kawasan juga menciptakan kegiatan-kegiatan IB yang lebih menarik sehingga pengambil kebijakan di kabupaten/kota tertarik dan mau memperlihatkan sumbangan untuk lebih menggaungkan pelaksanaan IB.

Lebih lanjut Kepala Dinas Langkat menyampaikan bahwa untuk meningkatkan pendapatan masyarakat petani, maka kepada petani peternak perlu diperkenalkan satu teladan integrasi atau keterpaduan antara ternak dengan pertanian yang sekaligus merupakan teknologi ramah lingkungan , contohnya integrasi sapi potong dengan kelapa sawit , dimana kelapa sawit ketika ini tengah berkembang di beberapa kabupaten di Sumatra Utara. Demikian juga petani peternak perlu dimotivasi biar mereka sanggup mengakses modal bagi pengembangan usahataninya. Oleh alasannya ialah itu berdasarkan Kadis Langkat sangatlah perlu memberdayakan atau mengoptimalkan penyuluh biar penyuluh sanggup menjembatani masalah-masalah yang dihadapi oleh petani peternak sapi untuk meningkatkan pendapatannya.

Ada pun tujuan di lakukannya Pertemuan Petugas IB -SE SUMATRA UTARA ini untuk Pemaparan hasil perkembangan hasil IB di Desa, Kecamatan dan Khususnya di Sumatra utara,dan untuk saling mengembangkan pengalaman antara inseminator di Kecamatan satu dengan kecamatan yang lain.

Memang sangat tidak terduka kekompakan para Inseminator Inseminator Sumatra utara yang begitu kompak dan saling berbagi, Seperti Pertemuan IB SE- SUMATRA kali ini yang di hadiri 150 penerima dari 25 Kabupaten yang ada di Sumatra utara. Dimana penerima itu berasal dari:

Kabupaten Langkat 27 orang 
Kabupaten Deliserdang 20 orang 
Kabupaten Serdang bedagai 15 orang 
Kabupaten Asahan 10 orang 
Kabupaten Batubara 7 orang 
Kabupaten Simalungun 10 orang 
Kabupaten Binjai 10 orang 
Kabupaten Labuhan watu 4 orang 
Kabupaten Labura 4 orang 
Kabupaten Labusel 2 orang 
Kabupaten Paluta 2 orang 
Kabupaten Palas 2 orang 
Kabupaten Tapanuli Utara 2 orang 
Kabupaten Tapanuli Selatan 2 orang 
Kabupaten Humbang Hasundutan 2orang 
Kabupaten Pematang Siantar 2 orang 
Kabupaten Padang Sidempuan 2 orang 
Kabupaten Karo 4 orang 
Kabupaten Dairi 3 orang 
Kabupaten Tobasa 2 orang 
Kabupaten Pakpak Barat 2 orang 
Kabupaten Madina 2 orang 
Kabupaten Tebing Tinggi 2 orang 
Medan 3 orang dan yang terakhir ialah Panitia dari 
Provinsi Sumatra Utara Sebanyak 15 orang 


NASIB NATAL PAKPAHAN

Dimana Hasil kesimpulan dari pertemuan itu ialah betapa pentingnya kiprah para Inseminator untuk memajukan, serta meningkattkan penghasilan peternakan.Kami Mengucapkan terimakasib banyak kepada seluruh Inseminator Sumatra Utara Maju Trus Dan Semoga Makin Sukses Kedepannya.

Ditulis oleh Nasib Natal Pakpahan Yang dikutip Saat mengikuti pertemuan tersebut.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments